Pengertian Latent Semantic Indexing

Latent Semantic Indexing

Latent Semantic Indexing

Pengertian Latent Semantic Indexing – Setelah googling dan nyari info tentang alogaritma baru mbah google. Akhirnya ketemu juga. Sayangnya setelah membaca berkali-kali belum mudeng juga. Semalaman saya membaca artikel tersebut, Alhamdulillah, agak mudeng.hehe. Langsung saja dah. Baca pos ini lebih lanjut

Cara Menginstal Google Analytics Di Blogspot

Cara Menginstal google Analytics di blogspot
Salam blogger, semoga blogger Indonesia selalu bersatu. Di postingan ini saya akan menulis tutorial untuk menginstal google analytics ke blogspot anda. Langsung saja gan.

Sebelum mengarah ke postingan, ada baiknya kalau anda mengerti dulu apa itu yang dimaksud dengan google analytics. Google Analytics adalah suatu aplikasi atau jasa gratis yang diberikan oleh google untuk para webmasters atau blogger yang fungsinya untuk melihat perkembangan dari blog atau websites yang dimiliki oleh blogger dan webmasters tersebut. Misalnya melihat jumlah pengunjung, dari mana pengunjung itu datang, dan lewat mana pengunjung itu datang. Hal ini sangat bermanfaat bagi pemilik blog atau website.
Okelah, langsung saja ke cara menginstal google analytics di blogspot

Langkah pertama

Anda harus memiliki e-mail dari google, yaitu gmail. Silahkan buat di http://mail.google.com. Jika sudah punya, silahkan lanjut.

Langkah Kedua

Silahkan menuju http://google.com/analytics. Anda akan dibawa ke homepage dari Google Analytics. Silahkan klik Sign Up. Nah disitu anda akan diminta untuk login dengan email gmail anda.
Menginstal google analytics

Langkah Ketiga

Cara mendaftar Google Analytics

Setelah login silahkan anda klik sign up. Lalu anda akan disodori form pendaftaran. Silahkan isi semua form yang diajukkan. Jika sudah, lanjutkan saja ke langkah berikutnya.
Google Analytics

Langkah Keempat

Anda diminta untuk membaca Google Analytics Terms of service. Silahkan dibaca kalau anda pintar bahasa inggris. Kalau gan ya dicentang saja “Yes, I Agree to the Terms of Service and Conditions”.

Menginstal Analytics

Langkah Kelima

Cara menginstal Analytics

Silahkan letakkan scriptnya tanpa mengganti isinya sedikitpun. Karena itu akan berpengaruh pada verifikasinya. Letakkan script GA anda itu di edit html blog anda. Cari kode “</body>” dan letakkan script dari GA tepat di atasnya.
Setelah itu silahkan balik kucing ke GA untuk melengkapi proses penginstalan GA di blogspot anda. Klik save & finish. Nah Selesai deh. Selamat Mencoba…

Tips agar blog baru cepat terindex google

Agar cepat terindex google
Dengan koneksi internet yang cukup lemot, saya akhirnya bisa share ilmu lagi di blog Belajar SEO dan ngeblog ini. Kali ini saya akan membahas tentang “tips agar blog baru cepat terindex“. Terindex oleh mesin pencari seperti google adalah sesuatu yang sangat penting. Karena google adalah salah satu penyumbang pengunjung terbesar menuju blog kita. Meskipun masih banyak cara lain untuk mendatangkan pengunjung, misalnya dengan blogwalking (jalan-jalan ke blog orang lain). Untuk lebih mengerti tentang cara mendatangkan pengunjung (traffic) ke blog kita, silahkan baca artikel saya yang berjudul Tips mendapatkan traffic tinggi.
Disini akan saya bahas sedikit tentang traffic yang berkaitan dengan SE. Untuk mendapatkan traffic dari SE seperti google, minimal blog atau website anda harus terindex terlebih dahulu di database google. Apakah terindex saja cukup? Belum, mengapa? karena blog yang sudah terindex di goolge, belum tentu blog tersebut muncul di halaman pertama SERP’s google, perjuangan harus dilanjutkan dengan teknik-teknik SEO. Tunggu dulu, mengapa harus masuk halaman pertama? Karena [lagi] dengan masuk di halaman pertama SERP’s, blog kita lebih memiliki peluang untuk dikunjungi oleh pengguna SE. Para pengguna SE jarang sekali melihat halaman kedua, ketiga dan seterusnya. Biasanya sih malas(seperti saya, hehe).
Baiklah berikut ini adalah tips-tips yang saya sarankan kepada anda, agar blog baru anda cepat terindex.
1. Submit link ke google.com/addurl.
Men-submit link blog kita ke google sama saja mengajukan link blog kita untuk di crawl oleh spider google. Tetapi, google tidak akan langsung meng-crawl blog anda sesaat setelah anda mengklik submit. Mengapa? karena ada banyak blog atau website yang mengantre untuk di crawl oleh spider google. Dengan cara ini, blog anda akan terindex dalam waktu 1-2 minggu atau bahkan berbulan-bulan. Cara untuk mempercepatnya, silahkan baca poin selanjutnya. Sebagai pengetahuan saja, dulu saya pernah melakukan pengujian terhadap blog baru saya, saya mencoba untuk tidak men-submit link blog saya ke google. Dan besoknya saya cek di google, ternyata blog saya sudah terindex. Baca pos ini lebih lanjut

Pengertian SEO

Sebenarnya postingan tentang “Pengertian SEO” sudah pernah saya publish dahulu kala. Namun saya rasa postingan tersebut kurang bermutu dan belum patut dibaca, hehe. Maklum pada waktu itu saya masih pemula sekali dan belum membaca artikel tentang cara meningkatkan traffic blog, dalam artikel yang saya baca tersebut terdapat kalimat yang mengubah persepsi saya. Kalimatnya seperti ini “konten/tulisan dalam blog adalah yang terpenting”. Nah, mulai saat itu saya jadi sadar untuk lebih mengutamakan kemanfaatan tulisan saya demi kepuasan para pengunjung blog saya. Saya menjadi tidak asal-asalan dalam menulis suatu konten/artikel. Meskipun seringkali tulisannya masih acak-acakan, hehe. Bagi yang sudah membaca artikel Pengertian SEO saya yang terdahulu, maafkan saya ya, hehe.

Baiklah, mari kita bahas sekarang. Artikel ini saya share untuk para pemula yang baru belajar ngeblog (seperti saya), mari kita saling berbagi sesama pemula. Bagi yang sudah master, silahkan menambahkan si kotak komentar.

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization“. Pengertian dari SEO adalah cara-cara yang dilakukan oleh para blogger baik yang sudah pemula, maupun yang sudah master/expert yang tujuannya untuk memposisikan blog atau website di halaman hasil pencarian/Search Engine Result Pages (SERP’s) dengan posisi yang sebaik-baiknya. Jika posisi blog semakin baik, kemungkinan blog atau website tersebut dikunjungi oleh pengguna menjadi lebih tinggi. Dan hal itu memerlukan teknik SEO yang harus dilakukan selama anda ngeblog, mengapa? Baca pos ini lebih lanjut

Apa itu blog dan blogosphere?

pengertian Blog dan blogosphere
Setelah satu minggu lebih blog ini saya telantarkan, akhirnya saya bisa update artikel lagi. Maklum, anak SMA lagi musimnya ulangan. hehe
Untung saja masih ada waktu luang.
Di postingan kali ini saya akan membahas tentang pengertian blog dan blogosphere.
Postingan ini saya dedikasikan untuk para pendatang baru di dunia blog dan blogosphere.

Pengertian Blog

Blog sendiri berasal dari kata “weblog” yang artinya adalah sebuah media pribadi di internet untuk sekedar menulis atau saling berbagi dan berdiskusi dengan para pengguna internet (netter) yang semakin hari semakin bertambah banyak. Di dalam blog yang kita buat, kita bisa saling berbagi informasi tentang apapun, berbagi aplikasi, software, curhat, atau juga mencari uang di internet. Di abad ke-21 ini pengguna internet mengalami peningkatan yang sangat drastis, mengapa? karena kebanyakan para netter lebih memilih mencari informasi di internet dibanding koran atau bahkan televisi. Perbedaan mencari informasi di internet dengan media lain menurut saya yaitu di internet kita bisa mendapatkan info secara langsung dan bisa dipastikan kebenaran infonya. Jika kita masih ragu-ragu dengan info yang kita dapat, kita bisa saling mendiskusikan info tersebut lewat media blog atau forum. Untuk membuat blog di internet, peralatan yang dibutuhkan adalah koneksi internet, komputer dan CMS (Content management system) serta ide. CMS adalah suatu aplikasi sistem pengelolaan untuk blog atau website. Baca pos ini lebih lanjut

Tips agar mendapat traffic tinggi

Sebelum kita bahas tips-tipsnya. Saya ingin bertanya, Apakah tujuan anda dalam ngeblog? Jawabnya di kotak komentar saja ya. Disini saya beri contoh seseorang yang ngeblog untuk berbisnis. Berbisnis di internet mudah tetapi juga susah. Dan untuk sukses dalam berbisnis seperti bisnis affiliasi, pengunjung adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi. Bisnis affiliasi adalah bisnis internet yang berbasis pada penjualan produk-produk dari affiliasi network kepada costumer(pembeli). Costumer disini adalah pengunjung blog anda. Jadi kesimpulannya, blog anda harus memiliki traffic/pengujung yang tinggi (baca:banyak) agar bisnis affiliasi anda memiliki penghasilan yang tinggi.
Berikut ini adalah tips-tips yang harus anda terapkan agar traffic blog anda tinggi.

Promosi Blog


Promosi blog sangat penting dalam peningkatan traffic blog anda. Agar blog anda diketahui oleh banyak orang, mau tidak mau anda harus mempromosikan blog anda ke jagat internet ini. Yang paling mudah adalah blogwalking(jalan-jalan di blog orang), Lainnya adalah sebagai berikut :
1. Jika target pasar anda lokal, submit artikel ke social bookmarking lokal seperti lintasberita.com. Jika target pasar anda internasional, submit artikel ke social bookmarking luar seperti digg.com, del.icio.us, blogcatalog.com, reddit, dan lain-lain. Ini bermanfaat agar anda mendapat traffic dari social bookmarking tersebut. Baca pos ini lebih lanjut