Tips agar blog baru cepat terindex google

Agar cepat terindex google
Dengan koneksi internet yang cukup lemot, saya akhirnya bisa share ilmu lagi di blog Belajar SEO dan ngeblog ini. Kali ini saya akan membahas tentang “tips agar blog baru cepat terindex“. Terindex oleh mesin pencari seperti google adalah sesuatu yang sangat penting. Karena google adalah salah satu penyumbang pengunjung terbesar menuju blog kita. Meskipun masih banyak cara lain untuk mendatangkan pengunjung, misalnya dengan blogwalking (jalan-jalan ke blog orang lain). Untuk lebih mengerti tentang cara mendatangkan pengunjung (traffic) ke blog kita, silahkan baca artikel saya yang berjudul Tips mendapatkan traffic tinggi.
Disini akan saya bahas sedikit tentang traffic yang berkaitan dengan SE. Untuk mendapatkan traffic dari SE seperti google, minimal blog atau website anda harus terindex terlebih dahulu di database google. Apakah terindex saja cukup? Belum, mengapa? karena blog yang sudah terindex di goolge, belum tentu blog tersebut muncul di halaman pertama SERP’s google, perjuangan harus dilanjutkan dengan teknik-teknik SEO. Tunggu dulu, mengapa harus masuk halaman pertama? Karena [lagi] dengan masuk di halaman pertama SERP’s, blog kita lebih memiliki peluang untuk dikunjungi oleh pengguna SE. Para pengguna SE jarang sekali melihat halaman kedua, ketiga dan seterusnya. Biasanya sih malas(seperti saya, hehe).
Baiklah berikut ini adalah tips-tips yang saya sarankan kepada anda, agar blog baru anda cepat terindex.
1. Submit link ke google.com/addurl.
Men-submit link blog kita ke google sama saja mengajukan link blog kita untuk di crawl oleh spider google. Tetapi, google tidak akan langsung meng-crawl blog anda sesaat setelah anda mengklik submit. Mengapa? karena ada banyak blog atau website yang mengantre untuk di crawl oleh spider google. Dengan cara ini, blog anda akan terindex dalam waktu 1-2 minggu atau bahkan berbulan-bulan. Cara untuk mempercepatnya, silahkan baca poin selanjutnya. Sebagai pengetahuan saja, dulu saya pernah melakukan pengujian terhadap blog baru saya, saya mencoba untuk tidak men-submit link blog saya ke google. Dan besoknya saya cek di google, ternyata blog saya sudah terindex. Sungguh tidak pernah saya duga blog saya tersebut dapat terindex kurang dari dua hari. Mungkin dewi fortuna berpihak pada saya. hehe.
2. Daftarkan blog ke google webmasters tools.
Salah satu cara yang saya lakukan pada saat saya bereksperimen dengan blog baru saya adalah dengan mendaftarkan blog ke google webmasters tools. Saya rasa, dengan mendaftarkan blog ke google webmasters tools akan mempercepat pengindeksan dari google. Dengan syarat pada poin selanjutnya. hehe
3. Mensubmit sitemap blog ke google webmasters tools.
Belum sempurna rasanya jika mendaftarkan blog ke google webmasters tools tanpa men-submit sitemap blog kita. Sebab, sitemap sangat dibutuhkan oleh spider google, di dalam sitemap tersebut berisi denah blog kita, yang akan mempermudah spider google dalam manjelajahi blog kita. Untuk cara mensubmit sitemap di webmasters tools, silahkan baca artikel saya yang judulnya “Cara mendaftarkan blog ke google webmasters tools“.
4. Berburulah backlink sebanyak-banyaknya.
Baclink sangat penting dalam mempercepat pengindeksan blog anda. Mengapa? karena spider google menjelajahi jagat internet ini dengan berpindah dari satu link ke link yang lainnya. Jadi kesimpulannya, blog anda akan semakin sering dikunjungi oleh spider google. Dengan begitu blog anda akan cepat terindex oleh google.
5. Isi blog anda dengan tulisan asli/original
Semakin hari spider google semakin manusiawi saja. Si laba-laba itu sekarang sudah bisa mendeteksi kejahatan hak cipta seperti copy paste artikel milik blog lain. Jadi, jika ingin blog anda cepat terindex oleh google. Jangan mengcopas mentah-mentah artikel blog lain. Minimal ubah sedikit isinya. Dan jangan lupa untuk mencantumkan link dari blog yang anda copas artikelnya.

Saya rasa cukup 5 saja tipsnya. ntar kalau kebanyakan bisa kembung (lho? apa hubungannya?). Bagi para master yang kesasar ke artikel ini. Silahkan menambahkan di kotak komentar. Terima kasih sudah mau membaca artikel saya. Selamat mencoba dan HAPPY BLOGGING!!!

##UPDATE
Untuk mengecek blog anda telah terindeks atau belum di google. Silahkan cek dengan mengetik “site:alamatblog.com” tanpa tanda petik
contoh : site:ryanbian.wordpress.com

87 Responses to Tips agar blog baru cepat terindex google

  1. munyukmentel mengatakan:

    Kalau pasang gambar yg gak beres, bisa cepet terindex mbah google juga gak yaaaa????

    • Ryan Bian mengatakan:

      Kalo gambar kelihatannya juga termasuk aspek penting dalam SEO mas. Asal gambarnya diberi tag alt=”keyword yg dioptimisasi”

    • Nah ini dy yang saya cari..
      Lagi di coba nih Tipsnya. Thankss yaa!

  2. Dunia KOmputer mengatakan:

    mantap gan Artikelnya…..

    salam
    http://trisnowlaharwetan.wordpress.com

  3. Ping-balik: Arti sebuah Kontes SEO » Belajar, Berpromosi, Solusi, NegeriAdscom, Kontes, Business » Slow bos

  4. Amri MF mengatakan:

    menerapkan tips no 4 :)

  5. risz panic mengatakan:

    koq aku udah pasang meta tag gambarpun udah saya tag juga,sitemap digoogle udah saya daftarin tapi tetep aj blog saya enggak terindex google,gimna tuh mas..

    • Ryan Bian mengatakan:

      buatnya kapan ? sambil nunggu silahkan cari backlink sebanyak-banyaknya. Dan rajin-rajin submit artikel baru ke situs social bookmarking

  6. rizhy mengatakan:

    mas, kayaknya kok ribet yaaa ???

    • Ryan Bian mengatakan:

      Ribet bagian mana mas? Semua yak? Maklum masih newbie saya. Hehe

  7. Ridho mengatakan:

    Trims ya infonya….
    Moga2 amalnya diterima tuhan yme

  8. Asep mengatakan:

    Nambah ilmu nih,tengku

  9. abil mengatakan:

    ayik tu…
    cepet ke index..

  10. abil mengatakan:

    ayik tu…
    cepet ke index..

    http://plusstyleart.com

  11. Obid mengatakan:

    Waah, makasih banget wat infonya..oia mau tanya, bedanya pake www dan tanpa www itu apa ya?

  12. arief mengatakan:

    baru belajar web ne..

    http://bestdownloadppt.com

  13. Komeng ahh..

  14. sharpshop mengatakan:

    terimakasih banyak informasinya dah saya coba,, dan sudah berhasil.. meskipun ada sedikit yang masih belum mengerti sedikit sedikit salam ….

    http://sharpshop.wordpress.com

  15. nino mengatakan:

    saya baru bikin web baru. untuk pengembangan web yang lama. tapi web baru ini sebagian besar isinya dicomot dari web lama. sebenernya tujuannya sih untuk ngejar satu keyword aja. yang klo pake web lama, keyword ini ga pernah masuk page one.
    cara ini efektif gak yah?

  16. Mawardi Mustafa mengatakan:

    SAya sudah melakukan semua saran mas, tetapi kok efeknya blom ada yach, mohon tambahan cara lain kalo masih ada
    hehehehehe

  17. heddy mengatakan:

    Thanks sarannya. aku coba skarang….

  18. dhani mengatakan:

    Download Bokep Indo Gratis Langsung Klik www cucimata.co.tv

  19. jhen mengatakan:

    situs sy ud seminggu ga ke index jg..pdhl point di atas ud dijalanin semua..

  20. riza mengatakan:

    …saya udh pake smua ilmunya, tetep aja nggak ke index….

    • Ryan Bian mengatakan:

      coba cek di google dengan teks “site:bisnissinternets.blogspot.com” tanpa tanda petik

  21. alfacino mengatakan:

    makasih tipsnya, akan segera dicoba

  22. Ping-balik: Jasa Ping gratis Pingoat.net « RyanBian

  23. Ivan Kolektor Permata mengatakan:

    Nice trik tak coba dulu deh. Kebetulan blog saya masih baru Trims

  24. mr.bedel mengatakan:

    ho ho ho nice tips, tapi bhro ane pengen nanya ane udah daftar di google webmaster tool tapi ga ngerti cara mensubmit sitemap? tolong dijelasin dunk ^_^

  25. Udexcom mengatakan:

    Aku dah lakukan semua langkah di atas.. tapi kok belum terindex ya..? Bantu dong..?! Thx

    • Ryan Bian mengatakan:

      coba cek di google.com dengan keyword site:udexcom.0fees.net

  26. Mobile mengatakan:

    Thank sob info nya mantep ni

  27. shinichi4aris mengatakan:

    like this lah . . .
    sangat bermanfaat bagi newbie spti saya _^

    tukeran link ya kang
    http://shinichi4aris.wordpress.com

  28. David Tarmono mengatakan:

    Thanks infonya.. Mantafp bro…

  29. Naruto Shippuden 2010 mengatakan:

    Wah mantap nih postinganya, kebetulan saya baru bikin blog nih, mudah2n cepat terindeks, thanks mas postingannya bermanfaat. izin langsung tak praktekin ya…

  30. Artikel yg sangat menarik mas. Btw artikel ini jg saya temukan dari SE google…. ^^

    Tp smpai skrang web saya belum keindex sama google nih. Mudah2an bbrpa hari kedepan udah bisa keindex.

  31. HARMON mengatakan:

    Sistimatis dan enak dibaca. Ini perlu di coba.
    Tetapi untuk nomer 2 mendaftarkan ke google webmasters tools bisa diperoleh secara otomatis apabila blog dibuat dengan blogger. Verifikasi situs juga yaitu dengan meng-enabling Webmaster Tools langsung dari Blogger dashboard.

  32. saveker mengatakan:

    sedikit rumit tapi dicoba dulu ah

  33. Berbagi Share Musik band kami.. Terimakasih.

  34. boymletes mengatakan:

    aduuhh pusing juga…gak terindeks…

  35. Abdul mengatakan:

    Makasih bro….. langsung praktek,

  36. pulsamurah mengatakan:

    Thanks ilmunya

  37. Asuransi Syariah mengatakan:

    Numpang cari informasi yach…

  38. wira mengatakan:

    wah, tengkyu ya atas tipsnya, mampir donk ke blog aku
    http://twolangs.blogspot.com
    di tunggu ya

  39. rolly mengatakan:

    terima kasih semoga bisa membantu saya

  40. Erawan mengatakan:

    Izin pake ilmunya ya, saya masih newbie nih, masih perlu banyak belajar. Mohon bantuannya.

  41. Thanks Ilmu’a Gan..
    Skalian Mau promosi nih. . .

    Nih gan Bagi yg Suka maen Game on & Off dan PS2Jgn takut
    nih Ada cheat Gratisan yg Selalu Update
    Silahkan aja Klik di :
    http://david-cheaters.blogspot.com/

    |Cheat Cash | Ammo | Bomberman |HS |EXP | SPE | RPE | Alt + Tab | Damage | WS | WH | Map Hack | Dll |
    |Cheat point Blank | Cheat Pb | Cheat pb gratis |Cheat PB terupdate | Cheat Point Blank terupdate |‌

  42. ilhamq mengatakan:

    Thanks, ini sangat membantu..

  43. andicxcools mengatakan:

    bro,, kyeword tu gmn sih secara gampangnya???

    Misal q punya blog tyus keyword arikenya beda@ gtU???

  44. luthfie fadhillah mengatakan:

    walaupun artikel lama tetep oke

  45. Arif aja mengatakan:

    sepp

  46. sangpenyampai mengatakan:

    trims lancar……car….car. ingin berhenti merokok kunjugi http://sangpenyampai0.blogspot.com/

  47. Anev mengatakan:

    boleh dicoba…

  48. bagus mengatakan:

    Mantap …
    jangan lupa kunjungi

    http://www.bagus-dharma.blogspot.com

  49. Fasta, mengatakan:

    Gan, di joomla ada plugin backlink. apa itu jg harus diaktifkan biar cpt terindex google?

  50. tarasare mengatakan:

    blog walking

  51. Anisa cream mengatakan:

    Thx info dan ilmu nya … sangat membantu website saya yg baru

  52. Mediasiana mengatakan:

    thank mas tutorialnya, sem0ga blog baru saya cepat terindex amin :)

  53. Opix mengatakan:

    Nice tips mas..

    O ya, klo buat yahoo gimana ya?
    Blog saya ama google udah lumayan akrab. tapi klo ama yahoo, blog saya nggak dianggep sama sekali.. T.T

  54. Armes_dzaki mengatakan:

    Wah sangat berguna gan.. Mksi.. Akan kucoba. Salahsatunya mencari backlink :D

    Silakan berkunjung ke blogq,, :)

  55. Antoni wijaya mengatakan:

    wah,artikelnya sangat membantu dalam hal terindexnya blog kita di mbah google…
    Bisnis Internet

  56. Robuster mengatakan:

    mkasih mas tutorial agar cepat terindex google, sangat penting neeh soalnya saya lagi membuat blog baru, mkasih :)

  57. laode ilhamdhani harfan mengatakan:

    agak ngga ngerti. . .tp udah d’coba. . .
    mudah2n cepat terindeks. . .

  58. musikwah mengatakan:

    mantap bos postingannya.. cocok buat saya yang baru aja jadi pemula,..
    hehee…

    kunjung2 juga ya bos :

    http://www.musikwah.co.cc

  59. Asmara Susanto mengatakan:

    okeh ane k TKP thanks

  60. irsyad araz mengatakan:

    yang nmr 5.Isi blog anda dengan tulisan asli/original…. mntap tuh gan..

  61. irsyad araz mengatakan:

    mntap gan infonya

  62. cell mengatakan:

    lngsung di prktekin

  63. it-form mengatakan:

    mas, boleh tau gak caranya agar mendapatkan backlink????
    trus gimana cara pasang backlink mas????
    mohon bantuannya. maklum masih nwebie

  64. Beck mengatakan:

    Salam. mantap tuh mas postingannya. aku sangat terbantu dengan postingannya. biasalah pemula, masih butuh banyak bimbingan dan arahan, thank,s mas atas infonya…!!!

  65. lensanet mengatakan:

    perlu diketahui,,,,memburu back link sebanyak-banyaknya akan sangat berbahaya bagi situs…oleh karena itu usahakan menimimalisir pencarian backlink tiap harinya jangan terlalu banyak.terkadang banyak orang yang ingin cepat naik daun kemudian cari backlink urak-urakan,,,kalo seperti itu google malah akan mempenalty situs kita karena dianggap spam…thanksssss…….tutornya

  66. edi spirit mengatakan:

    joss banget ne web…

    kunjungi blog ne juga ^_^

    warehouse-gadget.blogspot.com

  67. ddayat mengatakan:

    weyy,, tips yg berguna+menyenangkan!! tetap semangat tuk mamposting artikel baru yha broo!!
    numpang promo blog, klik n follow di .. bantu saya meningkatkan pagerank yha semua!!!

  68. skull scarf mengatakan:

    nice info gan, mantap..
    thanks.

  69. Newbiexpose mengatakan:

    mantab infonya gan, terima kasih

  70. khozin93 mengatakan:

    Backline tuh apa??

    • Ryan Bian mengatakan:

      backlink tepatnya

  71. agoes mengatakan:

    keren gan

  72. Maruf mengatakan:

    wah sangat bermanfaat

  73. Belajar SEO Blog mengatakan:

    wah makasi buanyak yah. Mantap banget deh agan ini. Ijin belajar sama Masta kali aja saya jadi ketularan pinter dikit. Lam kenal juga gan. Saya newbie banget ni di dunia Bloging.

  74. asolole mengatakan:

    izin nyimak gan..

  75. Rain Rizki mengatakan:

    wah mas info yang sangat menarik. saya sudah terapkan kunjungi juga blog saya http://caritau.blogspot.com

  76. yusuf mengatakan:

    Makasih Ilmunya, saya masih baru belajar Blog baru saya nih

  77. Ajay mengatakan:

    siip..mantaps gan..

  78. Yah benar sekali, saya memiliki blog baru untuk target marketing dan cara ini sesegera saya terapkan. Terimakasih Keep Blogging

  79. Afri mengatakan:

    Wahhh.. Makasih banget nih..
    Semoga websiteku cepet terindex deh,..
    Kunjungi dong mas, mba

Tinggalkan Balasan

