Pengertian SEO

Sebenarnya postingan tentang “Pengertian SEO” sudah pernah saya publish dahulu kala. Namun saya rasa postingan tersebut kurang bermutu dan belum patut dibaca, hehe. Maklum pada waktu itu saya masih pemula sekali dan belum membaca artikel tentang cara meningkatkan traffic blog, dalam artikel yang saya baca tersebut terdapat kalimat yang mengubah persepsi saya. Kalimatnya seperti ini “konten/tulisan dalam blog adalah yang terpenting”. Nah, mulai saat itu saya jadi sadar untuk lebih mengutamakan kemanfaatan tulisan saya demi kepuasan para pengunjung blog saya. Saya menjadi tidak asal-asalan dalam menulis suatu konten/artikel. Meskipun seringkali tulisannya masih acak-acakan, hehe. Bagi yang sudah membaca artikel Pengertian SEO saya yang terdahulu, maafkan saya ya, hehe.

Baiklah, mari kita bahas sekarang. Artikel ini saya share untuk para pemula yang baru belajar ngeblog (seperti saya), mari kita saling berbagi sesama pemula. Bagi yang sudah master, silahkan menambahkan si kotak komentar.

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization“. Pengertian dari SEO adalah cara-cara yang dilakukan oleh para blogger baik yang sudah pemula, maupun yang sudah master/expert yang tujuannya untuk memposisikan blog atau website di halaman hasil pencarian/Search Engine Result Pages (SERP’s) dengan posisi yang sebaik-baiknya. Jika posisi blog semakin baik, kemungkinan blog atau website tersebut dikunjungi oleh pengguna menjadi lebih tinggi. Dan hal itu memerlukan teknik SEO yang harus dilakukan selama anda ngeblog, mengapa? karena jika blog atau website anda berhenti melakukan teknik SEO, dalam jangka panjang, blog atau website anda bukan tidak mungkin akan hilang dari peredaran. Hal ini disebabkan karena bukan hanya anda saja yang melakukan teknik SEO, semua blog di dalam blogosphere juga ingin blog mereka menjadi yang pertama di SERP’s seperti anda. Dan mereka juga melakukan teknik-teknik SEO agar blog mereka menjadi yang pertama di SERP’s.
Teknik SEO meliputi dua cara dasar yaitu onpage SEO dan offpage SEO.

Onpage SEO

meliputi hal-hal sebagai berikut:
1.Konten
Konten adalah segala jenis isi yang diangkat oleh si empunya blog. Bisa artikel, software, aplikasi, tips dan trik, software open source, maupun jasa pembuatan blog.
2.Tema
Tema yang rapi dan SEO friendly lebih disenangi oleh pengunjung dan spider SE.
3.Meta tags
4.Keyword

Offpage SEO

Yang termasuk dalam kategori offpage SEO adalah backlink. Backlink yaitu link yang menuju blog atau website anda. Menurut saya, backlink adalah hal yang mutlak diperlukan oleh blog yang ingin tampil di top 10 SERP’s. Ada satu macam backlink yang dianjurkan oleh para webmaster/blogger. Yaitu one way link. One way link adalah link dari suatu blog yang hanya menuju blog anda tanpa anda mengarahkan link yang menuju blog tadi (link satu arah). Link ini dapat diperoleh dengan berkomentar ke blog dofollow atau link natural yang dipasang oleh blog yang merasa blog anda patut dijadikan referensi.
skemanya adalah:

Blog Teman —-> Blog anda

Ada juga two way link yaitu, link dua arah maksudnya, suatu blog mengarahkan suatu link ke blog anda, dan anda juga mengarahkan link ke blog tersebut.

Blog teman —-> Blog anda
Blog teman <—- Blog anda

Dan teknik yang wajib juga dalam SEO adalah doa. hehe
Semoga bermanfaat dan happy blogging !!!!

2 Responses to Pengertian SEO

  1. A.J.I mengatakan:

    tinggal menunggu bulan appril nih buat revisi GPR

    • Ryan Bian mengatakan:

      Update PR maret akhir april awal ta mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: