Google sandbox

Setelah googling kemana-mana, saya berhasil menemukan pengertian google sandbox. Ternyata artikel saya yang sempat menghilang kemarin terkena sandbox dari google. Google sandbox adalah suatu penjara peringatan yang dibuat oleh google untuk “menahan” artikel blog atau situs yang dicurigai menggunakan teknik SEO yang tidak wajar (Black Hat). Efek yang disebabkan oleh google sandbox disebut sandbox effects. Biasanya sandbox effects muncul karena kesalahan dalam optimisasi SEO yang tidak wajar seperti peningkatan backlink yang bombastis. Saya sendiri sempat bingung sekaligus takut, timbul pertanyaan pada diri saya “mengapa google menghapus artikel saya yang sudah terindex?”.
Ciri-ciri blog yang terkena sandbox effect yaitu sebagai berikut :
1. Artikel yang sudah nongol terhapus dengan tiba-tiba di index google.
3. Penurunan traffic yang cukup drastis. Karena google merupakan sumber traffic utama, maka kalau blog kita masuk sandbox. Traffic juga ikut terjun bebas.
2. Alexa rank terjun bebas. Ini karena alexa memberikan peringkat berdasarkan traffic.

Untuk keluar dari sandbox ada berbagai teknik contohnya adalah menghapus atau mengedit artikel yang masuk sandbox. Setelah itu submit artikel anda tersebut di social bookmarking. Silahkan baca Cara mengembalikan artikel yang dihapus dari indeks google

10 Responses to Google sandbox

  1. atlet tinju mengatakan:

    oh gitu yah… thanks infonya ya….!!!

    • ryanbian mengatakan:

      Sama2. Semoga bermanfaat

  2. Gu Agung mengatakan:

    mantap jg artikelnya, ga usah terlalu mencari page rank, tapi buatlah tulisan yang bermanfaat untuk satu atau dua orang udah cukup kan dapat amal :D

  3. Ryan Bian mengatakan:

    Tergantung niatnya om. Kalo mw monetizing blog seperti paid per click. Pagerank perlu. Tp kalo niat 100% ngeblog ea tergantung

  4. yudi mengatakan:

    dulu saya benci kotak pasir, sekarang dah enggak lagi :mrgreen:

  5. Jamal Hacker mengatakan:

    Wah…saya baru tahu itu namanya GOOGLE SANDBOX. Yang saya tahu dahulu jika kita menggunakan SEO BLACK HAT maka web kita akan di singkirkan oleh Mbah GOOGLE

  6. Ryan Bian mengatakan:

    @yudi : lha koq bsa gitu?
    @Jamal hacker : yup, betul. Thx kunjungannya.

  7. rheeantz mengatakan:

    nah bener kan blog ane masuk kotak… btw solusinya akan saya coba Sob… thanks

  8. bank soal mengatakan:

    ini untuk yang kedua kalinya blog aku yang berbeda kena sandbox .. :(( , tapi dari pengalaman aku setelah sandbox pergi dari blog kita,.. posisi blog kita di SE google akan menjadi lebih baik dan lebih mantap….

  9. Ibnu Toha mengatakan:

    SEO lagi SEO lagi, tapi keknya penting banget deh. pasalnya tanpa SEO buat apa kita nulis tanpa pembaca, begitulan kira-kira menurut saia. hehehe……………. thanks share ilmunya.
    btw boss admin pakai tehnik SEO apa? soale saia lihat blog ini tanpa blog title. benar begicu? kasi pencerahan boss…..

Tinggalkan Balasan

