Hal-hal yang dapat menghambat pengindeksan google

Akhirnya dengan koneksi internet yang tertatih-tatih. Saya bisa blogging kembali. Senang rasanya bisa sharing ilmu lagi. hehe. Sudah cukup kangen-kangennya. Mari langsung kita bahas Hal-hal yang dapat menghambat pengindeksan google. Disini saya anggap blog anda sudah terindex di google. Judul “hal-hal yang dapat menghambat pengindeksan google” saya pilih karena judul tersebut termasuk kasus SEO yang ada saat ini.

Bila blog anda sudah terindex, maka minimal 2-4 jam setelah posting terakhir dipublish, anda harus mengecek di google dengan mengetik “site:namablog.com”. Jika postingan terakhir anda muncul, blog anda sudah terindex dengan baik. Jika belum, berikut ini adalah “hal-hal yang dapat menghambat pengindeksan google“.
1. Backlink yang anda miliki masih sedikit (kurang). Mengapa? karena bot google menjelajahi jagat internet ini dengan berpindah dari satu link ke link lainnya. Jika backlink yang anda miliki kurang atau bahkan belum ada, bagaimana bot google bisa menuju blog anda. Saya sarankan untuk bertukar link dengan blog lain. Atau yang paling mudah adalah melakukan blogwalking ke blog dofollow yang pagerank-nya tinggi. Backlink dari blog dofollow bersifat one way link. Link jenis ini yang paling disarankan oleh para webmaster.
2. Anda belum membuat sitemap dan men-sumbit sitemap tersebut ke google webmasters tools. Sitemap sangat berguna untuk bot google. Mengapa? karena sitemap berisi semacam denah dari blog anda. Misalnya secara nyata saja, manusia menjelajahi suatu tempat tanpa denah/peta akan kesulitan. Hal ini sama dengan bot google yang akan terbantu dengan adanya sitemap.(istilahnya lebih akrab)
3. Anda belum men-submit artikel anda ke social bookmarking macam digg.com atau technorati. Dalam membuat artikel yang akan disubmit. Sisipkan saja link yang menuju blog anda, hal ini bertujuan agar blog anda mendapat backlink dari artikel tersebut.
4. Anda belum memasang meta tags, entah ini berlaku atau tidak. Mengapa “berlaku atau tidak”? hal ini karena bot google sudah tidak memeriksa meta tags lagi (kabarnya).
5. Blog anda belum terdaftar di direktori-direktori di jagat internet ini. Misal seperti topbloglist, topblogarea, topofblogs, technorati dan lainnya.

Terakhir setelah anda melakukan penambahan backlink dan yang tersebut di atas. Silahkan berdoa demi kelancaran blog anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

5 Responses to Hal-hal yang dapat menghambat pengindeksan google

  1. A.J.I mengatakan:

    thanks infonya bro,..

    • ryanbian mengatakan:

      sama-sama. semoga bermanfaat, salam kenal

  2. Sriyono Wong Semarang mengatakan:

    ok deh, lanjutkan

  3. Ibnu Toha mengatakan:

    la artikel ini keknya cocok buat yang sudah ngerti dengan seluk beluk perblogan, dan untuk saia yang nube gimana nih? dari judulnya saja keknya cocok buat sya, tapi setelah baca-baca saia ingin bertanya:
    1. bagaimana cara mensubmit artikel ke social bookmarking macam digg.com atau technorati..???
    2. bagaimana cara memperoleh backlink…???
    3. dan lain-lain
    kasi pencerahannya dunk bosss………….
    Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: