Antara WordPress dan Blogger

Wordpress dan BloggerApa kabar semua. Sudah lama saya tidak update artikel blog Belajar SEO dan Ngeblog ini. Baru ditinggal seminggu rasanya sudah kangen.

Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara CMS WordPress dan Blogger (Blogspot). Perbedaan yang saya tulis ini berdasarkan pendapat saya sendiri setelah meng-eksplorasi kedua CMS tersebut.

Perbedaan antara blog dengan CMS WordPress dan Blogger yang paling mencolok/kentara adalah dalam pengeditan tema blog. Dari sisi pengeditan tema blogger lebih diunggulkan, karena pengguna blogger bebas mengedit tema blog sesuai kreatifitasnya. Sedangkan di wordpress, hanya dapat menggunakan tema yang disediakan oleh wordpress, dan untuk mengedit tema blog, kita harus menggunakan domain yang di-redirect ke blog kita yang menyediakan fasilitas cPanel.

Dari sisi bisnis PPC, saya lebih memilih blog dengan CMS blogger. Pasalnya, di blogger kita bebas memasang iklan di blog kita. Sementara di wordpress, tidak diperbolehkan untuk memasang iklan, kecuali kalau blog kita sudah di-redirect ke domain berbayar. NB:Jangan sekali-kali anda memasang script iklan di wp(wordpress) anda. Bisa di banned

Untuk sisi penggunaan, saya lebih memilih wp karena sangat mudah dan simple. Untuk para pemula, saya sarankan menggunakan wp. Kalo blogger, kita minimal harus menguasai pengkodean yang sangat rumit. Tetapi jangan khawatir, semua ada di internet. Anda bisa googling kalo belum paham tentang seluk-beluk blogger.

Untuk redirect ke domain berbayar, wordpress sangat diperlukan. Karena bila masih pake yang gratis, kreatifitas anda menjadi terbatasi. Juga dalam monetisasi blog, anda juga terbatasi. Untuk blogger, menurut saya jangan di redirect ke domain berbayar. Karena blogger sudah memberi kebebasan kepada author blog baik dari sisi pengeditan tema maupun bisnis PPC.

Tahukah anda? setelah diteliti oleh para master2. Situs sekelasdetikcom dan Kompas juga memakai CMS wp lho.

Tinggalkan Balasan

