Pengertian Latent Semantic Indexing

Latent Semantic Indexing

Latent Semantic Indexing

Pengertian Latent Semantic Indexing – Setelah googling dan nyari info tentang alogaritma baru mbah google. Akhirnya ketemu juga. Sayangnya setelah membaca berkali-kali belum mudeng juga. Semalaman saya membaca artikel tersebut, Alhamdulillah, agak mudeng.hehe. Langsung saja dah.

Pengertian Latent Semantic Indexing menurut wikipedia adalah

Latent Semantic Indexing (LSI) is an indexing and retrieval method that uses a mathematical technique called Singular Value Decomposition (SVD) to identify patterns in the relationships between the terms and concepts contained in an unstructured collection of text. LSI is based on the principle that words that are used in the same contexts tend to have similar meanings. A key feature of LSI is its ability to extract the conceptual content of a body of text by establishing associations between those terms that occur in similar contexts.[1]

Artinya : Latent Semantic Indexing (LSI) adalah metode pengindeksan dan pencarian yang menggunakan teknik matematika yang disebut Dekomposisi Nilai Singular (SVD) untuk mengidentifikasi pola hubungan antara istilah dan konsep-konsep yang terkandung dalam sebuah koleksi teks yang tidak terstruktur. LSI didasarkan pada prinsip bahwa kata-kata yang digunakan dalam konteks yang sama cenderung memiliki makna yang sama. Fitur utama dari LSI adalah kemampuannya untuk mengekstrak konten konseptual dari suatu tubuh teks dengan mendirikan asosiasi antara istilah-istilah yang terjadi dalam konteks yang serupa.

Nah, dari sumber wikipedia itu. Pengertian Latent Semantic Indexing yang bisa saya serap adalah alogaritma google dengan teknik mengidentifikasi/menganalisis hubungan struktur keyword atau konsep.  Misalnya, nice blog anda tentang mobil, maka search engine akan menghubungkan blog anda dengan ferrari, GM, ford, BMW. Dan bukan Acer (laptop)

Seperti gambar yang saya unggah di postingan ini. Kita artikan Latent Semantic Indexing satu-satu.

Latent

Laten adalah teknik untuk menganalisis keyword-keyword yang ada di satu halaman.

Semantic

Semantic adalah teknik yang dilakukan mesin pencari untuk mencocokkan hubungan antara keyword di satu halaman dengan halaman lain.

Indexing

Indexing adalah Proses pengindeksan oleh search engine ke database mereka.

Berikut ini pengertian Laten Semantic Indexing yang saya kutip dari forum adsense-id.com

LSI adalah sebuah algoritma yang mirip dengan proses pemikiran yang sebenarnya “manusia” akan melakukan searching dalam rangka untuk menentukan apakah hasil dari permintaan mereka relevan dengan apa yang mereka cari. Benarkah Google dan Search Engine lainnya menggunakan LSI?.:hmm:

Latent Semantic Indexing atau disingkat LSI adalah teknik pengindeksan-analisis, mendaftar atau mengkategorikan kata kunci atau frasa tertentu dalam isi dari berbagai website, buku atau dokumen dengan sedemikian rupa sehingga mereka memiliki kontekstual dan konseptual yang sama atau terkait dengan maksud dan arti meskipun menggunakan kata yang berbeda di dalamnya.

Sederhananya, LSI mampu menentukan relevansi sebuah web/blog dengan cepat, membandingkan isinya dengan web/blog yang sudah ada yang memiliki kepercayaan yang tinggi. Tujuan pengindeksan semantik laten untuk mendapatkan kata kunci dalam teks yang membawa hubungan laten dalam struktur penggunaannya.

Teknik untuk menghadapi Latent Semantic Indexing

1. Jangan hanya fokus pada satu keyword
Seperti yang telah saya tulis di awal tadi. Teknik alogaritma ini adalah dengan menganalisis dan menghubungkan suatu keyword. Misalnya Ferrari dengan mobil. Jadi, jika niche blog anda tentang mobil. Anda harus membuat halaman-halaman yang memiliki keyword yang semuanya berhubungan dengan mobil.
2. Backlink dari situs yang semantik
Nah, ini merupakan aspek penting. Anda harus mempunyai backlink dari situs yang satu niche dengan blog anda. Contoh : blog anda memiliki niche tentang mobil. Maka anda harus mencari backlink dari situs yang juga ber-niche mobil, bukan film.
3. Atur Kategori blog anda
Ini mempermudah search engine untuk menjelajahi blog anda lewat kategori blog anda. Jangan sampai postingan tentang piala dunia tetapi masuk ke kategori seo.

Saya rasa cukup pembahasan tentang latent semantic indexing. Apabila teman-teman mau menambahkan atau mengoreksi. Silahkan di kotak komentar. Never Give Up Dude, All Come From Zero.

About these ads

7 Responses to Pengertian Latent Semantic Indexing

  1. manteb nie ulasannya :)
    thanks atas infonya

  2. Realodix mengatakan:

    System Indexin yang digunakan oleh Google makin rumit saja yaa..
    Tak heran jika Google menjadi mesin pencari nomor satu..

  3. Yohan Wibisono mengatakan:

    ok juga ni di coba..

  4. Surya Triwijaya mengatakan:

    Penjelasan yang lengkap bos..
    Bakalan nambahin kerjaan ni buat para kontestan2 SEO.. :D

  5. Ryan Bian mengatakan:

    Iye gan. Susah. Ane optimasi never give up dude, all come from zero malah terlempar ke page 5

  6. Aang Yogya mengatakan:

    Mantap artikelnya semoga blog saya segera kembai seperti sediakala.

  7. nova maulizar mengatakan:

    nice info gan..:D

    mudah2an bisa membantu penelitian saya..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: